Selasa, 18 Desember 2012

TP Sepak Bola Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) Permainan Sepakbola



TP Sepak Bola
Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) Permainan Sepakbola

OLEH :
NAMA : I NYOMAN SURYA DWI ANDIKA (13)
KLS : II D
NIM : 2011.


INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ( IKIP ) PGRI BALI
FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN
DENPASAR
TAHUN AJARAN 2011/2012








KATA PENGANTAR

          Puji syukur penulis panjatkan kehadiran Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) Permainan Sepak Bola. Makalah ini di buat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah TP. Sepakbola
          Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan pada makalah ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk memperbaiki makalah ini di masa yang akan datang.
          Semoga makalah ini bisa bermanfaat terutama bagi penulis dan pembaca pada umumnya. akhirnya kepada Tuhan jugalah semuanya penulis kembalikan.



Denpasar,  Juli 2012
                                                                                               
                                                                                                Penulis










DAFTAR ISI

                                                                                                                        Halaman
KATA PENGANTAR...................................................................................            ......      i
DAFTAR ISI........................................................................................................      ii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................      1
1.1  Latar Belakang....................................................................................      1
1.2  Rumusan Masalah................................................................................     2
1.3  Tujuan Penulisan..................................................................................     2

BAB II            PEMBAHASAN
            2.1 Pengertian Mengiring Bola (dribling).................................................      3
            2.2 Teknik Dasar Permainan Sepakbola...................................................       3
            2.3 Macam Macam Teknik Menggiring Bola (Dribbling)........................       5
            2.4 Teknik Menggiring Bola (Dribbling)..................................................      5
            2.5 Kelebihan dan Kurangan Teknik Menggiring Bola (Dribbling).........      7

BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan..........................................................................................     8
DAFTAR PUSTAKA

 





BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
            Sepakbola adalah suatu permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang. Sepakbola adalah permainan yang sangat populer, karena permainan sepakbola sering dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.
Saat ini perkembangan permainan sepakbola sangat pesat sekali, hal ini ditandai dengan banyaknya sekolah-sekolah sepakbola (SSB) yang didirikan. Tujuan dari permainan sepakbola adalah masing-masing regu atau kesebelasan yaitu berusaha menguasai bola, memasukan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin, dan berusaha mematahkan serangan lawan untuk melindungi atau menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola. Permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang memerlukan dasar kerjasama antar sesama anggota regu, sebagai salah satu ciri khas dari permainan sepakbola.
Untuk bisa bermainan sepakbola dengan baik dan benar para pemain menguasai teknik-teknik dasar sepakbola. Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik, pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula.
Teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola ada beberapa macam, seperti stop ball (menghentikan bola), shooting (menendang bola ke gawang), passing (mengumpan), heading (menyundul bola), dan dribbling (menggiring bola).
Khusus dalam teknik dribbling (menggiring bola) pemain harus menguasai teknik tersebut dengan baik, karena teknik dribbling sangat berpengaruh terhadap permainan para pemain sepakbola. Teknik dribbling (menggiring bola) terbagi menjadi tiga macam :
1. Teknik dribbling dengan kura-kura bagian dalam.
2. Teknik dribbling dengan kura-kura penuh (punggung kaki).
3. Teknik dribbling dengan kura-kura bagian luar.
Disamping itu, kecepatan dalam dribbling (menggiring bola) sangat dibutuhkan untuk menunjang penguasaan teknik tersebut. Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berurut-urut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

1.2 . Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini penulis rumuskan sebagai berikut :
            1. Apa yang dimaksud dribbling ?
            2. Bagaimana kelebihan dan kekurangan dribbling ?

1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini antara lain untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman penulis mengenai masalah yang dibahas dalam makalah ini. Disamping itu, tujuan penulisan ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah TP Sepak Bola .


BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Menggiring Bola (Dribbling)
            Menggiring bola atau sering di sebut dengan Dribbling adalah tekhnik memindahkan bola dari satu daerah lain pada saat permainan berlangsung. Keterampilan menggiring bola dan melewati lawan-lawannya dengan kecepatan yang berubah-ubah .
kecepatan dalam dribbling (menggiring bola) sangat dibutuhkan untuk menunjang penguasaan teknik tersebut. Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berurut-urut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

2.2. Teknik Dasar Permainan Sepakbola
            Pada dasarnya permainan sepakbola merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan. Oleh karena itu, untuk dapat bermain sepakbola harus menguasai teknik-teknik dasar sepakbola yang baik.
Untuk dapat menghasilkan permainan sepakbola yang optimal, maka seorang pemain harus dapat menguasai teknik-teknik dalam permainan. Teknik dasar bermain sepakbola adalah merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan atau mengerjakan sesuatu yang terlepas sama sekali dari permainan sepakbola.
Adapun mengenai teknik dasar sepakbola dapat penulis jelaskan sebagai berikut :
1. Teknik tanpa bola, yaitu semua gerakan-gerakan tanpa bola terdiri dari :
a. Lari cepat dan mengubah arah.
b. Melompat dan meloncat.
c. Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan.
d. Gerakan-gerakan khusus untuk penjaga gawang.
2. Teknik dengan bola, yaitu semua gerakan-gerakan dengan bola, terdiri dari :
a. Mengenal bola
b. Menendang bola (shooting)
c. Menerima bola : menghentikan bola dan mengontrol bola
d. Menggiring bola (dribbling)
e. Menyundul bola (heading)
f. Melempar bola (throwing)
g. Gerak tipu dengan bola
h. Merampas atau merebut bola.
i. Teknik-teknik khusus penjaga gawang.
            Dalam penulisan makalah ini penulis mengambil salah satu teknik dasar sepakbola yaitu teknik menggiring bola (dribbling), karena teknik ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi dalam melakukannya, antara lain menggiring bola menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki.




2.3. Macam Macam Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
. Teknik dribbling (menggiring bola) terbagi menjadi tiga macam :
1. Teknik dribbling dengan kura-kura bagian dalam.
2. Teknik dribbling dengan kura-kura penuh (punggung kaki).
3. Teknik dribbling dengan kura-kura bagian luar.

2.4. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
            Sepak bola modern dilakukan dengan keterampilan lari dan operan bola dengan gerakan-gerakan yang sederhana disertai dengan kecepatan dan ketepatan. Aktivitas dalam permainan sepakbola tersebut dikenal dengan nama dribbling (menggiring bola). Menggiring bola diartikan dengan gerakan lari menggunakan kaki mendorong bola agar bergulir terus menerus di atas tanah. Menggiring bola hanya dilakukan pada saat-saat yang menguntungkan saja, yaitu bebas dari lawan.
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan, oleh karena itu bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Tujuan menggiring bola antara lain untuk mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.
Menggiring bola (dribbling) memiliki beberapa kegunaan yaitu sebagai berikut :
1. Untuk melewati lawan
2. Untuk mencari kesempatan memberikan bola umpan kepada teman dengan tepat.
3. Untuk menahan bola tetap dalam penguasaan, menyelamatkan bola apabila tidak terdapat kemungkinan atau kesempatan untuk dengan segera memberikan operan kepada teman.
            Untuk bisa menggiring bola dengan baik harus terlebih dahulu bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik. Dengan kata lain, seorang pemain tidak akan bisa menggiring bola dengan baik apabila belum bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik.
            Teknik dasar menggiring bola harus dikuasai dengan baik karena dalam situasi tertentu menggiring bola sangat menentukan. Misalnya, harus melewati beberapa blocking lawan untuk menerobos pertahanan atau pada serangan balik (fast break).
            Pemain harus bisa menggiring bola dengan cepat. Di samping itu, menggiring bola juga untuk suatu strategi penyelamatan saat bola tidak dapat diumpan sesegera mungkin.

 Menggiring bola dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :
Ø  Punggung kaki. Kegunaannya untuk menggiring bola dengan cepat lurus ke depan. Kaki bagian dalam dan bagian luar, untuk menggiring zig-zag, menghindari rintangan lawan, atau menggiring pada lintasan menikung.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika menggiring bola, di antaranya adalah:
Ø  Tendangan terlalu keras sehingga laju bola terlalu cepat, yang mengakibatkan bola sulit untuk dikuasai.
Ø  Tendangan terlalu lemah, yang mengakibatkan kesempatan lawan akan memperdayakan kita lebih terbuka. Dalam hal ini, pihak lawan akan segera menempati posisi masing-masing, sehingga sulit untuk diterobos.
Ø  Pandangan lebih banyak ke arah bola ketika sedang menggiring bola, mengakibatkan bola tidak terkendali sebagaimana mestinya.
Ø  Gerakan kaki kurang gesit atau kurang lincah sehingga ketika menguasai bola menjadi kaku.
Ø  Kurang adanya improvisasi gerakan tipuan ketika akan menghindari blokade lawan, sehingga gerakan mudah terbaca oleh lawan.


2.6. Kelebihan dan Kurangan Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Tidak setiap teknik dasar dalam permainan sepakbola akan selalu berhasil dilakukan dalam setiap pelaksanaan pertandingan. Akan tetapi, teknik-teknik dasar tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak terkecuali pada teknik dasar menggiring bola (dribbling).
Berikut ini dapat penulis jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan teknik menggiring bola (dribbling) :
1. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian luar yaitu bila menggunakan kaki kanan dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
2. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
3. Kelebihan dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Sedangkan kelemahannya adalah kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.







BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
            Pada dasarnya permainan sepakbola merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan. Oleh karena itu, untuk dapat bermain sepakbola harus menguasai teknik-teknik dasar sepakbola yang baik.
Untuk bisa menggiring bola dengan baik harus terlebih dahulu bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik. Dengan kata lain, seorang pemain tidak akan bisa menggiring bola dengan baik apabila belum bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik.
Teknik dasar menggiring bola harus dikuasai dengan baik karena dalam situasi tertentu menggiring bola sangat menentukan. Misalnya, harus melewati beberapa blocking lawan untuk menerobos pertahanan atau pada serangan balik (fast break).
Pemain harus bisa menggiring bola dengan cepat. Di samping itu, menggiring bola juga untuk suatu strategi penyelamatan saat bola tidak dapat diumpan sesegera mungkin.










DAFTAR PUSTAKA
Luxbacher, Joseph A., 2004, Sepakbola, edisi kedua, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Soekatamsi, 1997, Permainan Besar I Sepakbola, Jakarta, Universitas Terbuka.
Sudjarwo, Iwan dan Nurdin, Enur, 2005, Permainan Sepakbola, Diktat, Tasikmalaya, PJKR FKIP Universitas Siliwangi.

20 komentar:

  1. Telkombet228 adalah Situs Agen Betting Bola dan Togel Online yang sudah terpercaya di Indonesia .

    Keunggulan bermain di Telkombet228 adalah :
    1. Proses kurang dari 1 menit
    2. Cs yang sangat prefesional dan ramah yang siap melayani anda kapan pun yang selalu 24 jam melayani anda .
    3. Bonus Cashback sebesar 0,5%
    4. Bonus Referal sebesar 0,1% Seumur Hidup loh :)
    5. Minimal Deposi dan Withdraw hanya 25Ribu
    6. Semua Bank Online 24 Jam
    7. Masih banyak Bonus-Bonus yang tersedia dan menarik lain nya seperti jackpot hingga Jutaan Rupiah lain nya menanti anda

    Hubungi Kami Melalui :
    LINE : Bandar.asia
    WHATSAPP : +855 96 843 1912

    Link Untuk Daftar : Mentari228.com

    " Kami Memberi Bukti Bukan Hanya Sekedar Janji Ya Silahkan Daftar Sekarang Tunggu Apa Lagi "

    BalasHapus
  2. PROMO NEW MEMBER 15%

    Delegasi Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa pelayanan buat awal akun permainan judi atau taruhan online pada anda di kantor cabang judi online yang berkedudukan International, legal dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://agenzeus.org/deposit-pulsa/
    https://agenzeus.org/tag/prediksi-bola/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.org

    BalasHapus
  3. BONUS 10% SETIAP HARI

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan guna awal akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di delegasi judi online yg berperingkat International, legal dan terpercaya hanya di situs judi online.

    Juga Sebagai Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    BalasHapus
  4. BONUS FREECHIP!

    CemePoker ialah agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan bermacam macam banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg perizinan judi poker bersama rating win tertinggi.
    ceme poker menjamin 100% keamanan setengah membernya sedang pemain Poker aku dipastikan 100% Player VS Player.
    janganlah lalai nantikan sagu hati mengunggut tiap-tiap bulannya dan ganjaran referal seumur hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo main sekarang di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  5. Ayo bertaruh dan raih kemenangan Anda hingga menjadi JUTAWAN bersama kami S128Cash Bandar Games Online Terbaik dan Terpercaya.
    Kami menyediakan semua permainan yang sedang populer di Indonesia seperti Sportbooks, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDNPoker, Slot Games, Tembak Ikan, Togel Online dan masih banyak permainan lainnya.

    PROMO BONUS S128Cash :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rb
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Untuk transaksi DEPOSIT dan WITHDRAW disini tidak ada JAM OFFLINE, artinya Anda bisa bertransaksi 24 JAM dan tidak ada batasan WITHDRAWnya !!

    Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera Daftar S128 Anda bersama kami dan nikmati kemenangan Anda.
    Hubungi Kami :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    BalasHapus
  6. Agen Sabung Ayam S128 Pw Online Terpercaya Saat Ini

    Daftar Akun Betting Online Bersama Agen ZEUSBOLA

    Dapatkan Berbagai Fasilitas Menarik Serta Bonus dari Agen ZEUSBOLA!

    • Layanan Customer Service Online 24Jam
    • Agen Resmi Bersertifikat Resmi Dari Pusat S128, Sv388, Kungfuchicken
    • Menerima Deposit All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel, Xl/Axis ( Rate Tertinggi )
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Menerima Deposit Via Gopay
    • Menerima Deposit Via DANA
    • Menerima Deposit Via LINKAJA - TCASH
    • Pelayanan Terbaik, Teraman Dan Terpercaya ( FAST RESPON )

    Bonus Sabung Ayam S128 Online Terpercaya ::
    • Bonus New Member
    • Bonus Harian
    • Bonus Cashback
    • Bonus Win Berturut-turut

    Daftar S128 Sabung Ayam Online Terpercaya
    http://178.128.92.55/

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Contact Person Us :
    Link : Www.zeusbola.win
    Whatsapp : 0813 3355 5996
    SMS : 0813 3355 5996


    Link Alternatif ZEUSBOLA :
    http://104.248.148.252/
    Zeus Bola

    Daftar Judi Online Deposit Via LinkAja Tcash
    http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/

    BalasHapus
  7. Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
    Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
    Kemenangan besar bisa di dapatkan...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  8. KAPAL ASIA (KAPAL JUDI)

    HOT PROMO :

    - Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    jika ada kendala silahkan hubungi ke live chat kami ya bosku ^^
    kami siap membantu bosku 24jam :)
    di tunggu kedatangan nya kembali bosku ^^

    WA: +855 1537 8728 KAPALJUDI
    Fanspage : Kapal Judi Faigk
    IG : kapaljudi88
    Www Kapaljudi88 Net

    BalasHapus
  9. Hanya 1 USER ID Bisa Main Semua Game Ini.

    LIVE CASINO
    SPORTBOOK
    POKER
    SABUNG AYAM
    TANGKAS
    SLOT GAMES
    BATU GONCANG
    NUMBER GAME

    HOT PROMO CANDI4D :

    Bonus New Member 10%
    Bonus Deposit HARIAN 10%

    BONUS Candi4D :

    Bonus 1 Minggu Sekali!!!
    Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino )

    Bonus 2 Minggu Sekali!!!
    -Bonus Rollingan Sport 0.3%
    -Bonus Rollingan Poker 0.3%
    -Bonus Rollingan Sabung Ayam 0.3%
    -Bonus Rollingan Tangkas 0,3%
    -Bonus Rollingan Slotgame 0,3%

    BONUS CASHBACK ( SETIAP HARI SENIN )

    -Bonus CashBack up to 15% ( Games & Tangkas )
    -Bonus CashBack up to 15% ( Sportbook )
    -Bonus CashBack up to 15% ( Sabung Ayam )

    BONUS REFERRAL

    -Bonus Referral Togel :
    –4D & COLOK : 1%
    –2D & 3D : 0.5%
    -Bonus Referal up to 2% ( Sportbook & Sabung Ayam )

    Discount TOGEL untuk Pasaran :
    SENTOSA 4D – SENTOSA TOTO – SINGAPORE – FINLANDIA
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%

    SYDNEY – HONGKONG
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.00% , 2D : 29.00%

    Min Depo : Rp 25.000,-
    Min WD : Rp 50.000,-

    Ayo bergabung bersama kami! Rasakan pengalaman judi yang berbeda :)

    Whatsapp : +6281388618848
    Line : CANDI_4D
    Instagram : cscandi4djitu

    WWW. CANDIJITU. COM
    Pelayanan 24 jam online :)

    BalasHapus
  10. Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  11. Donaco Poker

    Merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru

    Salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah Terbukti kualitasnya .

    Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

    PERMAINAN 1 ID BISA BERMAIN 7 PERMAINAN
    1. POKER ONLINE
    2. BANDAR CEME
    3. CEME KELILING
    4. DOMINO QIU
    5. SUPER TEN
    6. CAPSA SUSUN
    7. OMAHA

    AYO Klik ID Gratis DONACO

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  12. Winning303
    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam
    6. Poker IDN

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,7%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  13. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS


    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Sabung Ayam
    5. Poker IG

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,7%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  14. ZeusBola - Situs Sabung Ayam Live S128
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Bonus Hingga 5 Juta Rupiah
    Pendaftaran : http://zeusbola.vip

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 24 Juli 2020

    BalasHapus
  15. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Aplikasi Poker Pulsa

    Freechip natal & tahun baru

    BalasHapus
  16. SITUS SLOT ONLINE INDONESIA TERPERCAYA 2021 CLUB388CASH

    Situs Slot Online Indonesia
    Live Casino
    Sabung Ayam Terpercaya 2021

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR SLOT ONLINE

    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    BalasHapus
  17. Zeusbola Situs Slot Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan Dan E-Money Ovo Gopay Dana Linkaja

    Segera bergabung bersama Zeusbola Situs Judi Bola Online – UEFA EURO 2020-2021 Online Terbaik Dan Terpercaya. Berikan Dukungan Tim Favorit Kamu Dengan Nonton Live Streaming Bola Euro 2020 Dan Melakukan Taruhan Untuk Meraih Pundi-pundi Keuntungan.

    • Permainan Terlengkap & FairPlay
    • Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop
    • Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon
    • Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL ( TANPA POTONGAN RATE )
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Menerima Deposit Via DANA
    • Menerima Deposit Via LINKAJA
    • Menerima Deposit Via GOPAY
    • Berapapun Kemenangan Anda Di Bayar Tuntas !
    • Pendaftaran Free!!


    Contact Resmi Kami:
    Link Alternatif : www.zeusbola20.com
    Whatsapp : +6282277104607
    Online 24jam Tanpa Jam Offline.

    Dapatkan Penghasilan Lebih Setiap Harinya Tanpa Harus KELUAR RUMAH BERSAMA ZEUSBOLA !
    Gabung Sekarang Bersama Kami Di ZeusBola

    Links :
    https://my.ptg.org/network/members/profile?UserKey=97257b3b-8a95-4912-8213-f7bd5cae28b5
    https://connect.svu.org/network/members/profile?UserKey=be0371c1-effd-4f6f-b6f2-73d33a8a4606

    BalasHapus
  18. Mainkan game favoritmu dan nikmati kemudahan menjadi pemenang di JUDI ONLINE 2021!

    Kunjungi Result Togel Terupdate Saat ini

    RESULT TOGEL

    Info lengkap Silakan di add WA : 0877 8542 5244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  19. MBO128 | DAFTAR SATU ID UNTUK SEMUA PERMAINAN
    Live Casino | Slot Game | Bola | Bola Tangkas | Togel | IDN Poker

    Mainkan game favoritmu dan nikmati kemudahan menjadi pemenang di JUDI ONLINE 2021!

    DAFTAR LANGSUNG DI KLIK DI SINI
    ATAU HUBUNGI CS Wendy
    📞 WhatsApp +62852 2255 5128 / WHATSAPP
    LINE ID : Digmaan
    TELEGRAM : Digmaan / 085222555128
    LINK ALT SITUS : www,MBO128,com (ganti koma jadi titik)

    DAFTAR SLOT GAME VIA GOPAY
    SLOT PRAGMATIC PLAY VIA DANA
    ADU AYAM TAJI VIA PULSA
    DAFTAR SABUNG AYAM TANPA REKENING
    MAIN SLOT 10RB

    FREECHIP GRATIS SETIAP MINGGU

    BalasHapus
  20. Sering kalah dalam bermain Slot?
    Atau
    Tidak pernah Menang Sama sekali di agent lama anda??

    Jangan Kecewa kawan
    Mari join bersama kami

    Dapatkan ragam permainan Slot terlengkap
    Serta Bonus Menarik setiap harinya

    Slot Leprechaun Song adalah slot volatilitas sedang yang membayar hingga 757x modal Anda. Slot menarik ini hadir dengan RTP 96.46% dan banyak fitur dan sub-fitur yang membuat Leprechaun yang lucu tertawa terbahak-bahak.


    Silahkan kunjungi Review Game Slot Terbaru dan slalu update hanya di Demoslot

    KLIK >>> REVIEW DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> FACEBOOK DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> TWITTER DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> INSTAGRAM DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> REGISTER BVGAMING

    KLIK >>> PROMO BOLAVITA

    Nikmati permainan menarik lainnya secara GRATISS.

    BANTUAN & DUKUNGAN
    Customer Service 24 Jam

    WA +62-813-7705-5002
    WA +62 812-1495-2061

    BalasHapus